Masyarakat pedesaan & masyarakat perkotaan

19 May

Community adalah masyarakat yang bertempat tinggal di suatu wilayah (geografis) dengan batas-batas tertentu, dimana faktor utama yang menjadi dasarnya adalah interaksi yang lebih besar diantara anggota, dibandingkan dengan interaksi dengan penduduk di luar batas wilayahnya. Empat criteria untuk klasifikasi masyarakat, yaitu jumlah penduduk; luas, kekayaan, dan kepadatan penduduk daerah pedalaman; fungsi-fungsi khusus dari masyarakat setempat terhadap seluruh masyarakat; organisasi masyarakat setempat yang bersangkutan.

Masyarakat Pedesaan

Warga pedesaan mempunyai hubungan erat dan mendalam ketimbang hubungan mereka dengan warga pedesaan lainnya. Sistem kehidupan mereka biasanya berkelompok berdasar kekeluargaan. Warga pedesaan umumnya mengandalkan hidupnya dari pertanian. Sistem gotong royong, pembagian kerja tidak berdasarkan keahlian melainkan ditanggung bersama. Cara bertani mereka sangat tradisional dan tidak efisien karena belum mengenal mekanisasi dalam pertanian. Mereka bertani semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup, bukan untuk bisnis. Golongan orang tua dalam masyarakat pedesaan memegang peranan penting dalam masyarakat. mereka sangat menghormati orang yang lebih tua, karena mereka menganggap orang tua lebih banyak pengalamannya.

Masyarakat Perkotaan

Kehidupan keagamaan dalam masyarakat perkotaan lebih kurang diterapkan dibanding kehidupan keagamaan di desa. Orang kota lebih individual, dan kurang bergantung pada orang lain. Pembagian kerja lebih tegas dan ada batas-batasnya sesuai kemampuan masing-masing. Kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan lebih banyak. Interaksi-interaksi berjalan berdasarkan kepentingan dan lebih rasional. Jalan kehidupan yang cepat di kota mengakibatkan pentingnya faktor waktu. Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota karena kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: