KOPERASI HARUS SIAP BEROPERASI

5 Oct

Perekonomiaan Indonesia sekarang ini sangat memprihatinkan, banyaknya jumlah pengangguran dan kurangnya lapangan pekerjaan membuat itu semakin terlihat. Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat membuat sebagian orang yang berkacimpung di dunia bisnis tidak sedikit yang akhirnya gulung tikar meskipun umurnya masih seumur jagung. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Meskipun banyak badan usaha yang bermunculan saat ini, tentu saja itu tidak akan menggeser posisi koperasi sebagai salah satu badan usaha yang cukup mempengaruhi perkembangan perekonomian suatu Negara. Perhatian pemerintah yang kurang terhadap koperasi membuat perkembangannya tidak begitu berarti, bahkan cenderung menurun. Padahal jika koperasi dapat beropersi dengan baik, kemakmuran rakyat akan terpenuhi.

Jika dilihat dari permodalan, koperasi dapat berdiri dengan modal yang relative lebih  kecil dibanding mendirikan badan usaha lain. Untuk keanggotaannya, setiap orang dapat ikut serta dalam koperasi tanpa pengecualian. Dan tentu saja persentasi resiko kekurangan pelanggan kecil, karena tiap anggota koperasi berperan sebagai pemilik sekaligus pelanggan. Selain itu koperasi juga memiliki cukup banyak unit usaha yang dapat dikelola, sehingga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat, khususnya anggota.

Namun saat ini, koperasi yang ada cenderung didirikan tanpa pendidikan bagaimana cara mengelolah koperasi agar koperasi tersebut dapat bersaing dengan badan usaha lainnya. Dan kesadaran anggota koperasi terhadap hak dan kewajibannya yang rendah juga akan mempengaruhi berlangsungnya koperasi. Karena pada dasarnya koperasi akan berjalan jika partisipasi anggotanya tinggi.

Adapun hal lain yang juga menjadi hambatan majunya koperasi di Indonesia, seperti kurangnya kepercayaan untuk saling bekerjasama baik dengan pelaku ekonomi lain maupun antar anggota koperasi. Teknologi yang terbatas serta minimnya sarana dan prasarana yang tersedia di wilayah tertentu juga menghambat tumbuhnya koperasi di daerah-daerah terpencil. Karena pada dasarnya koperasi ini ditujukan untuk mensejahterakan semua kalangan, baik kota maupun desa.

Oleh karena itu, jika saya menjadi presiden nanti. Saya akan memajukan kesejahteraan rakyat melalui koperasi. Dengan memberikan penyuluhan mengenai koperasi baik di kota maupun di desa. Selain itu, para anggota, khususnya pengurus juga akan diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelolah koperasi serta penguasaan teknologi, sehingga koperasi pun dapat bersaing dengan badan usaha lain.

Agar koperasi-koperasi yang ada tetap terpantau, maka kami akan mengutus orang-orang yang professional untuk ikut memajukan koperasi-koperasi tersebut. Dengan begitu diharapkan adanya inovasi-inovasi baru yang nantinya akan menarik warga sekitar untuk ikut berpartisipasi. Dan menanamkan kepercayaan untuk saling bekerjasama baik dengan pelaku ekonomi lain maupun antar anggota. Serta menimbulkan rasa nyaman yang akan menumbuhkan kasadaran masing-masing anggota akan hak dan kewajibannya dalam koperasi.

Dengan begitu, semua warga ikut berpartisipasi dalam memajukan perekonomian Negara yang kemudian akan mensejahterakan tiap-tiap warganya. Sehingga, tingkat pengangguran yang ada pun akan menurun. Karena pada dasarnya koperasi mempunyai berbagai sector, seperti koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi pemasaran, koperasi jasa, yang kemudian dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Dan presepsi warga terhadap koperasi pun akan bagus. Teknologi serta sarana dan prasarana yang masuk ke tiap-tiap wilayah kecil demi memajukan wilayah-wilayah kecil tersebut.

Demikianlah yang akan saya lakukan untuk mensejahterakan tiap-tiap warga indonesia. Dan koperasi harus siap beroperasi di mana saja, dan harus siap bersaing dengan berbagai bidang usaha lainnya. Sehingga akan terjadi persaingan yang sehat, baik persaingan antar koperasi maupun perasingan koperasi dengan badan usaha lainnya.

One Response to “KOPERASI HARUS SIAP BEROPERASI”

  1. Maman al faris November 12, 2010 at 12:45 am #

    Melakukn suatu pekerjaan tdk smudah mengucapkan.Mari buktikan dgn mmbntuk koperasi skala kecil.
    Saya ad niat mw bntuk koperai dgn modal 100jt.Tolong bantu saya dlm hal administrasi.Blz ke email aq.Qy.?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: