Indonesia Tumbuhkan Nasionalisme

28 Dec

Akhir-akhir ini warga Indonesia sedang heboh-hebohnya mambahas tentang keberhasilan timnas Indonesia memasuki final AFF. Warga Indonesia dari semua kalangan, baik kalangan kecil maupun kalangan atas memusatkan perhatian mereka ke ajang AFF yang diadakan setiap dua tahun sekali. AFF ini diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN dan diperebutkan oleh tim nasional Asia Tenggara.
Memang sepakbola Indonesia dalamperkembangannya masih memerlukan perubahan yang signifikan, karena sampai saat ini sepakbola Indonesia masih berada dalam urutan ke-127. Meskipun bukan peringkat yang bagus, namun ini merupakan terbaik tim “Merah Putih” sepanjang tahun 2010. Karena sepanjang tahun ini, Indonesia rata-rata hanya berada di urutan ke-135 dan ke-138 saja. Bahkan pernah sampai ke urutan 141 pada September 2010.
Hal ini tentu saja merupakan buah karya dari kerja keras para pemain dalam ajang AFF. Hasil gemilang di Piala AFF berhasil mendongkrak posisi tim nasional Indonesia di peringkat (ranking) FIFA. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan melesat 8 tingkat ke posisi ke-127 dari posisi ke-135 pada bulan November 2010 lalu.
Dan ajang ini tidak hanya menimbulkan kebanggaan bagi persepakbolaan Indonesia. Tetapi keberhasilan ini juga menumbuhkan nasionalisme hampir seluruh warga Indonesia. Semua serempak mendukung timnas Indonesia, meskipun awalnya mereka samasekali tidak respek terhadap dunia persepakbolaan.
Meskipun bukan suatu hal yang special, namun ini dapat menciptakan jiwa nasionalisme bagi warga Indonesia. Karena sebelumnya sifat nasionalisme bangsa Indonesia sudah hampir hilang. Dan ini merupakan moment yang bagus untuk menciptakan jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia kembali.
Kali ini Indonesia masih harus menghadapi Negara tetangga, Malaysia, untuk menggantikan posisi Thailand sebagai juara 1 di ajang AFF tahun ini. Semoga Indonesia dapat mewujudkan harapannya nanti malam. Kita doakan saja 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: