Demam Korea di Indonesia

18 May

Di tahun 2011 ini, Indonesia seperti dibidik sebagai pasar potensial penyebaran K-pop. Betapa senang ketika mendengar kabar JYJ akan hadir ke Jakarta. Juga 2PM yang datang dalam rangkaian BlackBerry Live & Rockin’.

Lalu ada Super Junior plus Park Jung Min di KIMCHI, 2AM dan Miss A di Jakarta FantastiKpop Festival — serta Big Bang di Jakarta International Teen Festival. Tidak perlu lagi menjemput bola para kokitnam namja ini ke Seoul atau Singapura.

Penuh drama
Sayangnya, setiap kedatangan cowok-cowok ganteng Asia Timur ini selalu diikuti dengan “drama” yang tak kalah dramatis dengan cerita drama Korea. Di tengah antusiasme penggemar JYJ terhadap kehadiran Jaejoong, tiba-tiba muncul berita konser itu dibatalkan. Kabarnya ada beberapa syarat produksi tambahan yang tidak dapat dipenuhi pihak promotor.

Beruntung, 2PM sukses tampil di Kemayoran bersama Shontelle, Taio Cruz dan Suede. Tapi itu pun tetap tak lepas dari drama. Berhubung Junho tampil dalam sebuah acara produsen smartphone, membeli tiket konsernya tidaklah semudah konser lain. Para Hottest nyaris putus asa akibat persyaratan pembelian produk yang super mencekik kantong untuk semata-mata dua tiket VIP.

Alternatif lain untuk akses pun tidak kalah merepotkan: menjawab kuis lewat Internet. Serbuan peminat (tak sebatas 2PM tentunya) menggila ke empat situs yang disiapkan. Judulnya, crash saja deh!

Drama ini masih berlanjut ketika malam itu ternyata 2PM hanya membawakan empat lagu! Sungguh menguras emosi. Jumlah itu sangat sedikit dibandingkan dengan tiga artis lain yang menyanyi paling sedikit delapan lagu. Tidak sebanding dengan jerih payah penggemar demi menonton.

Rentetan drama belum berakhir. Sempat beredar kabar, 2AM akan mengadakan pertunjukan mini di Jakarta. Yang terjadi kemudian adalah, meski grup didikan JYPE ini memang benar datang ke Jakarta, konser mini mereka hanya isapan jempol.

Bijaksana memilih konser
Sulit menuding pihak mana yang salah dan benar dari kejadian yang tidak mengenakkan tersebut. Tapi yang jelas, penggemar K-pop dikecewakan. Situasi seperti ini tentu sangat tidak mendukung bagi satu mania yang mulai booming (naik daun).

Apalagi invasi K-pop di Jakarta sudah terlihat lagi. Dua minggu lagi, invasi dimulai dengan KIMCHI, lalu disusul Jakarta FantastiKpop Festival dan — yang masih belum jelas — Jakarta International Teen Festival.

(Harga tiket konser-konser ini bukan murah. Bahkan ada yang lebih mahal dari tiket Justin Bieber!)

KIMCHI atau Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia 2011 diadakan oleh promotor W Production, yang bisa dibilang “pemain” pertama di dunia K-pop. Mereka juga pernah mendatangkan Rain dan Kim Bum.

Bintang utama KIMCHI adalah grup K-pop paling populer: Super Junior (Suju). Choi Si Won dkk direncanakan akan menyanyi lebih dari empat lagu. Selain itu, Super Junior M (SJ-M) akan hadir juga. Artinya, selain: Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, hadir pula Henry Lau dan Zhou Mi.

Juga akan hadir Park Jung Min, salah seorang anggota SS501 yang baru-baru ini meluncurkan single “Not Alone” dan album mini The, Park Jung Min; plus tiga grup pendatang baru yang sekarang sedang jadi buah bibir di Korea: The Boss, Girl’s Day dan X-5.

Dua minggu setelah KIMCHI, giliran penggemar grup jebolan JYP Entertainment (JYPE) yang dimanjakan, terutama yang sempat kecewa ingin menangkap 2AM. Promotor Blackrock Entertainment akan menggelar Jakarta FantastiKpop Festival (JFF) yang menampilkan 2AM, Miss A, Joo, San-E dan Lee Hyun.

Kabarnya peminat festival K-pop yang satu ini tidak kalah seru dengan KIMCHI. Bagi I AM (panggilan penggemar 2AM), JFF jadi tempat jaminan untuk menikmati aksi idola. Soalnya, lewat akun Twitternya, Jo Kwon sempat mengindikasikan bahwa 2AM pasti datang. Jadi wajar saja bila setelah dua hari penjualan, pihak promotor pun berterima kasih atas respons antusias penjualan tiket online.

Yang masih tidak jelas kabarnya mungkin Jakarta International Teen Festival (JITF). Promotor Berlian Entertainment (yang menggelar konser Justin Bieber) sempat menulis twit soal festival ini.

Mereka mengabarkan, hanya berselang sepuluh hari setelah JFF, JITF akan menampilkan parade artis dari berbagai negara seperti Katy Perry (AS), Big Bang (Korea), Brown Eyed Girls (Korea), dan 24herbs (HK).

Tetapi tidak lama setelah pengumuman tersebut, mereka mengeluarkan pernyataan tidak lagi terlibat dalam festival ini. JTIF akan diurus pihak Rumah Sinema. Setelah insiden 2AM baru-baru ini yang melibatkan Rumah Sinema, kepastian festival ini sangat meragukan.

Jadi sebelum tercipta “drama” baru, ada baiknya sebelum memesan tiket, mari kita jadi detektif dulu untuk mencari tahu kejelasan detail konser dan promotor!

http://id.omg.yahoo.com/blogs/invasi-kpop-di-jakarta-penuh-drama-syanne_susita-3.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: