Aside

Kebebasan dalam Islam

11 Aug

“Malaikat Jibril datang kepada Nabi SAW, lalu berkata, “Hai Muhammad, hiduplah sesukamu namun engkau pasti mati. Berbuatlah sesukamu namun engkau pasti diganjar. Dan cintailah siapa yang engkau sukai namun pasti engkau akan berpisah dengannya. Ketahuilah, kemuliaan seorang mukmin tergantung shalat malamnya dan kehormatannya tergantung dari ketidakbutuhannya kepada orang lain.” (H.R Ath Thabrani)

Hadist ini sepertinya tidak bisa hanya dibaca sekali, karena bisa saja disalah artikan jika kita mambacanya tidak dengan hati yang bersih. Dan tentu saja Nabi Muhammad saw, sebagai pendengar pertama, tidak perlu diragukan lagi kebersihan hatinya.

Mendengar hadist ini pertama kali saya merasa tertegun. Menurut saya hadist ini lebih kepada peringatan.

Hiduplah sesukamu namun engkau pasti mati.
Apakah kau benar-benar akan hidup sesukamu jika kau pasti mati? Dan jika sudah datang kematian padamu, kau tidak dapat memperbaiki apa yang kau lakukan saat kau hidup.
Bahkan kematianmu tidak pernah kau ketahui dan dia amat dekat.

Berbuatlah sesukamu namun engkau pasti akan diganjar.
Apa kau benar-benar akan melakukan hal buruk jika kau sadar betul bahwa kau akan mendapatkan ganjarannya. Tidakkah perbuatan baik lebih menggiurkan? Karena kau akan mendapatkan ganjarannya berkali-kali lipat.

Cintailah siapa yang engkau sukai namun pasti engkau akan berpisah dengannya.
Ya, cintai siapa yang kau suka, tp jangan melebihi cintamu pada-Nya.

Ketahuilah, kemuliaan seorang mukmin tergantung shalat malamnya dan kehormatannya tergantung dari ketidakbutuhannya kepada orang lain.
Jika kau ingin mendapatkan kemuliaan dihadapan-Nya, maka shalat malam lah. Karena Rasulullah saw menganjurkannya meskipun hanya satu rakaat. Dan kehormatan seorang mukmin adalah mereka hanya meminta pertolongan kepada Allah swt, bukan yang lain.

Demikian sedikit penjabaran dari saya tentang hadist ini. Kebenaran datangnya dari Allah dan jika ada kesalahan maka itu berasal dari saya sendiri. Semoga kita adalah orang-orang yang diberi petunjuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: